Telkom University Mengadakan Seminar Nasional Dan Kuliah Umum Dengan Membedah Buku ‘Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital’

Telkom University Mengadakan Seminar Nasional Dan Kuliah Umum Dengan Membedah Buku ‘Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital’

Sumber: https://telkomuniversity.ac.id/bedah-buku-medianomics-ekonomi-politik-media-di-era-digital-sukses-digelar-di-telkom-university/

(Bandung, 5 Oktober 2023) – Telkom University (Tel-U) Fakultas Komunikasi dan Ilmu Sosial (FKS) sukses dalam mengadakan seminar nasional sekaligus kuliah umum yang memberikan wawasan mendalam dengan mengupas salah satu buku yang berjudul “Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital” yang dilaksanakan di Open Library Telkom University (Tel-U). Talkshow dan sesi bedah buku ini dipandu oleh Rana Akbari Fikriawan, S.Sos., M.Si., dosen Fakultas Komunikasi dan Ilmu Sosial (FKS) Telkom University (Tel-U) serta pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung. Acara ini menjadi forum diskusi yang sangat ditunggu-tunggu oleh akademisi, praktisi media, dan masyarakat umum yang peduli terhadap perkembangan media dan ekonomi politik di era digital.

Seminar nasional dan bedah buku “Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital” yang diselenggarakan di Telkom University (Tel-U) yang dihadiri oleh sejumlah tokoh penting yaitu Pemimpin Redaksi detik.com Alvito Deannova Gintings dan Kepala Desk Budaya Harian Kompas Budi Suwarna. Acara ini juga menghadirkan Dr. Catur Nugroho selaku penulis buku dari “Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital” sekaligus dosen dari Telkom University (Tel-U). Selain itu, Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo turut hadir dan memberikan wawasan penting serta perkembangan media di Indonesia dalam era digital. Seminar ini bertujuan untuk membahas berbagai isu terkini terkait media dan ekonomi politik di era digital.

Dr. Catur Nugroho mengungkapkan pandangannya bahwa media saat ini bisa dilihat sebagai arena pertarungan antara ideologi, kepentingan ekonomi, dan politik. Dalam bukunya yang berjudul “Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital,” Dosen Fakultas Komunikasi dan Ilmu Sosial (FKS) Telkom University (Tel-U) tersebut mengkritisi kondisi lembaga media di era digital khususnya terkait dengan fenomena dalam industri media. Buku ini menawarkan analisis mendalam tentang bagaimana media mempengaruhi struktur dan komunikasi di era digital saat ini.

Dalam bedah buku “Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital”, mereka memberikan analisis mendalam mengenai isu-isu yang diangkat dalam buku tersebut serta dampaknya terhadap media dan ekonomi politik di Indonesia. Sementara itu, Pemimpin Redaksi detikcom, Alvito Deannova Gintings, menilai bahwa buku ini mengkritisi kondisi media saat ini. Namun, Alvito juga mencatat bahwa pembahasan mengenai media digital dan sosial media dalam buku tersebut tidak mendapatkan porsi yang cukup besar.

Alvito menjelaskan bahwa media atau perusahaan pers dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk idealisme jurnalis, pasar, dan pemerintah. Alvito juga membahas mengenai industri media dan tantangan yang akan dihadapi di masa depan. Salah satu tantangan utama adalah pergeseran sumber informasi, di mana saat ini pembaca lebih banyak mencari berita melalui media sosial.

Seminar Nasional dan Bedah Buku ‘Medianomics: Ekonomi Politik Media di Era Digital’ yang berlangsung di Open Library Tel-U telah memberikan wawasan berharga dan meningkatkan pemahaman tentang peran media dan ekonomi politik dalam transformasi digital di Indonesia. Acara ini juga membuka peluang untuk diskusi yang lebih mendalam mengenai isu-isu penting ini di masa depan.


(Bandung, October 5, 2023) – Telkom University (Tel-U) Faculty of Communication and Social Sciences (FKS) successfully held a national seminar as well as a public lecture that provides deep insight by discussing one of the books entitled “Medianomics: The Political Economy of Media in the Digital Age” held at Open Library Telkom University (Tel-U). The talk show and book review session was hosted by Rana Akbari Fikriawan, S.Sos., M.Si., lecturer at the Faculty of Communication and Social Sciences (FKS) Telkom University (Tel-U) and founder of the Bandung Alliance of Independent Journalists (AJI). This event is a highly anticipated discussion forum for academics, media practitioners, and the general public who are concerned about the development of media and political economy in the digital era.

The national seminar and book review “Medianomics: The Political Economy of Media in the Digital Era” held at Telkom University (Tel-U) was attended by a number of important figures, namely the Chief Editor of detik.com Alvito Deannova Gintings and the Head of the Culture Desk of Kompas Daily Budi Suwarna. The event also presented Dr. Catur Nugroho as the author of the book “Medianomics: The Political Economy of Media in the Digital Age” as well as a lecturer from Telkom University (Tel-U). In addition, the Expert Staff of the Minister of Communication and Information Technology for Communication and Mass Media, Widodo Muktiyo also attended and provided important insights and media developments in Indonesia in the digital era. This seminar aims to discuss various current issues related to media and political economy in the digital era.

Dr. Catur Nugroho expressed his view that the media today can be seen as a battleground between ideologies, economic interests, and politics. In his book entitled “Medianomics: The Political Economy of Media in the Digital Era,” the lecturer at the Faculty of Communication and Social Sciences (FKS) Telkom University (Tel-U) criticizes the condition of media institutions in the digital era, especially related to phenomena in the media industry. This book offers an in-depth analysis of how the media affects the structure and communication in today’s digital era.

In the book review “Medianomics: The Political Economy of Media in the Digital Age”, they provided an in-depth analysis of the issues raised in the book and its impact on media and political economy in Indonesia. Meanwhile, the Editor-in-Chief of detik.com, Alvito Deannova Gintings, assessed that this book criticizes the current media conditions. However, Alvito also noted that the discussion of digital media and social media in the book did not get a large enough portion.

Alvito explained that media or press companies are influenced by various factors, including the idealism of journalists, the market, and the government. Alvito also discussed the media industry and the challenges it will face in the future. One of the main challenges is the shift in information sources, where nowadays readers are more likely to find news through social media.

The National Seminar and Book Review ‘Medianomics: The Political Economy of Media in the Digital Age’ that took place at Tel-U’s Open Library has provided valuable insights and increased understanding of the role of media and political economy in Indonesia’s digital transformation. The event also opened up opportunities for more in-depth discussions on these important issues in the future.

Referensi:


Penulis : Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Telkom University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *