Telkom University Dan JNE Marketing Mengadakan Kuliah Umum Dengan Tema Tantangan Komunikasi di Dunia Bisnis

Telkom University Dan JNE Marketing Mengadakan Kuliah Umum Dengan Tema Tantangan Komunikasi di Dunia Bisnis

Sumber: https://telkomuniversity.ac.id/pahami-tantangan-komunikasi-di-dunia-bisnis-dari-svp-marketing-jne-express-dalam-kuliah-umum-magister-ilmu-komunikasi-tel-u/

(Bandung, 8 Juni 2024) – Telkom University (Tel-U) Fakultas Komunikasi dan Ilmu Sosial (FKS) mengadakan kolaborasi dengan menyelenggarakan acara bersama dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE Express) dengan teman “Tantangan Komunikasi di Dunia Bisnis” yang diselenggarakan di di Ruang Multimedia, Gedung Bangkit. Acara ini mendatangkan salah satu narasumber yaitu Eri Palgunadi sebagai Senior Vice President JNE Express.

Dr. Catur Nugroho sebagai dosen Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Telkom University (Tel-U), menyambut dengan antusias kuliah umum yang diadakan. Acara ini tidak hanya menghadirkan Eri Palgunadi, SVP Marketing JNE Express, sebagai narasumber yang ahli di bidangnya, tetapi juga menandai kuliah umum pertama setelah perubahan nama Fakultas Komunikasi dan Bisnis menjadi Fakultas Komunikasi dan Ilmu Sosial. Dr. Catur Nugroho berharap acara ini menjadi momentum penting bagi para mahasiswa untuk lebih memahami tantangan yang dihadapi dalam dunia bisnis, khususnya dalam konteks komunikasi.

Dalam kuliah umum ini, Eri Palgunadi menyampaikan wawasan penting mengenai perubahan zaman yang mendorong proses komunikasi. Menurutnya, komunikasi korporat tradisional tidak lagi dapat sepenuhnya diandalkan dalam menghadapi dinamika yang terus berkembang. Oleh karena itu, Eri menjelaskan tiga pilar utama yang dapat diimplementasikan secara sederhana dalam membingkai komunikasi antara brand dan customer: content, structuring, dan monitoring

Eri Palgunadi menekankan pentingnya content sebagai media untuk menyampaikan pesan yang harus relevan dengan target publik. Relevansi ini dapat melalui structuring yang merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi karena bersifat kultural dan terdesentralisasi. Dengan pendekatan ini, pesan tidak hanya tersampaikan, tetapi juga memiliki potensi besar untuk mempengaruhi audiens. Pilar ketiga yang dibahas oleh Eri Palgunadi adalah pemantauan atau monitoring, yang juga dikenal sebagai social media listening. Eri Palgunadi menekankan pentingnya melakukan monitoring secara berkala sebagai bentuk penanganan kasus melalui komunikasi berbasis data.

Kuliah umum ini memberikan wawasan yang mendalam bagi mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Telkom University (Tel-U) dengan membekali mereka dengan ilmu yang relevan untuk menghadapi tantangan komunikasi di dunia bisnis yang semakin kompleks. Diharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran, tetapi juga membuka jalan untuk diskusi lebih lanjut mengenai strategi komunikasi yang efektif di era digital saat ini.


(Bandung, June 8, 2024) – Telkom University (Tel-U) Faculty of Communication and Social Sciences (FKS) held a collaboration by organizing a joint event with PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE Express) with a friend “Communication Challenges in the Business World” held in the Multimedia Room, Bangkit Building. This event brought one of the speakers, Eri Palgunadi as Senior Vice President of JNE Express.

Dr. Catur Nugroho as a lecturer of Master of Communication Studies Program Telkom University (Tel-U), enthusiastically welcomed the public lecture held. This event not only presented Eri Palgunadi, SVP Marketing JNE Express, as a resource person who is an expert in his field, but also marked the first public lecture after the name change of the Faculty of Communication and Business to the Faculty of Communication and Social Sciences. Dr. Catur Nugroho hopes that this event will be an important momentum for students to better understand the challenges faced in the business world, especially in the context of communication.

In this public lecture, Eri Palgunadi delivered important insights about the changing times that drive the communication process. According to him, traditional corporate communication can no longer be fully relied upon in the face of evolving dynamics. Therefore, Eri explained three main pillars that can be implemented simply in framing communication between brands and customers: content, structuring, and monitoring.

Eri Palgunadi emphasized the importance of content as a medium to convey messages that must be relevant to the target public. This relevance can be through structuring which is the best way to communicate because it is cultural and decentralized. With this approach, the message is not only delivered, but also has great potential to influence the audience. The third pillar discussed by Eri Palgunadi is monitoring or also known as social media listening. Eri Palgunadi emphasized the importance of conducting regular monitoring as a form of case handling through data-based communication.

This public lecture provides deep insight for students of Telkom University (Tel-U) Master of Communication Science Program by equipping them with relevant knowledge to face communication challenges in an increasingly complex business world. It is hoped that this activity will not only be a learning event, but also open the way for further discussion about effective communication strategies in today’s digital era.

Referensi:


Penulis : Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Telkom University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *